Posted by : Khoirul Fajri Selasa, 20 Juli 2010


DASAR-DASAR
TEKNIK PEMANDUAN WISATA ( TOUR GUIDING )

BAB I      PENDAHULUAN
1.1  Sejarah Guide
1.2  Jenis guide
1.3  Persyaratan guide
1.4  Tugas dan Tanggung jawab

BAB II
2.1 Hubungan seorang guide dengan industri pariwisata
2.2 Cara kerja guide berdasarkan jenisnya
2.1.1    Transfer in/out
2.1.2        Penjemputan dan pengantaran
a.       Bandara
b.      Stasiun
c.       Pelabuhan laut
d.      Terminal
e.       Antar kota
2.1.3        Sight seeing
2.1.4        City Tour
2.1.5        Observasi

BAB III
            3.1 Karakteristik wisatawan

BAB IV
4.1 Contoh commentary
4.2 Contoh solving problem
 


DOKUMEN-DOKUMEN YANG DIPERLUKAN DALAM OPERASIONAL T/L

1.      Hal-hal atau catatan-catan yang perlu diperhatikan dalam operasional T/L bila ada.
2.   Surat tugas pemandu atau T/L dan driver bila diperlukan
3.   Susunan program tour (Itinerary) . (1 Lembar untuk driver)
4.   Peta Lokasi obyek wisata yang akan dikunjungi
5.   Photo copy bukti pembayaran obyek wisata bila diperlukan (Yang asli dalam amplop utuk ditukar tiket beserta surat peserta  asli)
6.   Daftar peserta per bus
7.   Nomor-nomor telephone penting yang perlu diperhatikan
  • Panduan expenses keuangan / dana selama perjalanan untuk driver fee,toll & Parkir-parkir, biaya masuk obyek wisata yang dibayarkan pada saat tiba dilokasi.
8.   Nomor untuk di tempel di kaca depan bus
9.   P3K (Termasuk kantong plastik untuk mabuk kendaraan)

 HA-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM
TEHNIK OPERASIONAL PEMANDUAN ATAU T/L

1. SEBELUM BERANGKAT (DI LUAR BUS),
  • Mengetahui sekilas tentang obyek wisata yang akan dikunjungi termasuk peta lokasi dan pintu masuk obyek wisata untuk rombongan atau individu.(dipersiapkan di kantor)
  • Mengetahui nama driver dan asistennya (setiba di lokasi stand by bus)
  • Nomor-nomor polisi bus yang akan digunakan (dipersiapkan di kantor)
  • Mengecek perlengkapan di bus dan keamanannya (MIC, P3K dll) setiba dilokasi stand by bus.
  • Sudah mempunyai daftar peserta setiap busnya (khususnya yang akan di pandu / dipersiapkan di kantor)
  • Jelaskan program perjalanan tour kepada setiap driver (Berikan program atau itinerary perjalanannya bila perlu / setiba di lokasi stand by bus)

2. SEBELUM BERANGKAT (DI DALAM BUS)
  • Greeting (selamat pagi, assalamualikum dsb), ingatkan apakah peserta sudah lengkap atau masuk ke dalam bus semua.
  • Perkenalan nama anda sebagi T/L selaku perwakilan dari perusahaan BPW………,nama driver dan asisten driver pada seluruh peserta di busnya masing-masing.
  • Jelaskan program perjalanan tour dan jam-jamnya
  • Mempersilahkan pimpinan rombongan atau yang mewakili dari peserta untuk memimpin doa menurut agama masing-masing (Basmalah bersama)

3. DALAM PERJALANAN
  • Persiapkan biaya toll bila sudah mendekati gerbang toll pertama  berikan 50 % terlebih dahulu dari total biaya toll kepada driver (Ambil bukti pembayaran setiap pembayaran toll), bila ada kurang biaya tool,  driver akan minta kepada T/L.
  • Beritahukan kepada pesrta bahwa perjalanan akan istirahat sejenak di salah satu tempat istirahat  (Bila ada keperluan ke toilet) dan informasikan waktu ke toilet hanya 10 menit.

4. SETIBA DI LOKASI OBYEK WISATA SEBELUM MASUK
  • Jelaskan kepada tamu jangan turun dari busnya sebelum diberikan tiket masuk (sebelumnya pada saat dikantor cari informasi peraturan masuk obyek wisata yang akan dikunjungi untuk rombongan apakah setiap orang diwajibkan memegang tiket masing-masing atau tidak menggunakan tiket)
  • Jelaskan kepada peserta waktu berkumpul kembali di busnya, dan ingatkan untuk tidak lupa tempat parkir bus supaya tidak mencari-cari pada saat kembali ke bus.
  • Salah satu T/L (Koordinator) diikuti T/L yang lain bila bus lebih dari 1 unit, pada saat di gerbang masuk obyek wisata turun dari bus untuk mengurus/mengambil tiket masuk bila menggunakan sistem tiket masuk per orang.
  • Setelah peserta turun dari bus semua dan pastikan semua sudah mendapat tiket, sebelum anda sbg T/L akan meninggalkan bus pastikan mengetahui tempat parkirnya terlebih dahulu untuk memudahkan anda dan juga perhatikan driver dan co driver tentang biaya makan siang. (koordinasi dg pimpinan T/L)

5. PERSIAPAN PERJALANAN KEMBALI KE BANDUNG
  • T/L harus sudah berada 1 jam sebelumnya di bus sebelum peserta kembali dari tempat kunjungan sesuai dengan waktu yang telah diinformasikan.
  • Membantu ketua rombongan dari peserta dalam mengecek kelengkapan peserta yang sudah kembali ke bus (T/L tidak perlu ikut mencari-cari peserta yang belum kembali ke bus karena tidak hafal dengan setiap wajah peserta)
  • Sebelum bus berangkat kembali ingatkan ke ketua rombongan apakah peserta benar-benar sudah lengkap, selanjutnya pimpin doa untuk keselamatan perjalanan pulang.
  • Persiapkan biaya toll.

6. SETIBA DI BANDUNG (PINTU KELUAR TOLL DI BANDUNG)
  • Menyampaikan beberapa hal kepada tamu A.L :
A. Telah tibanya di Bandung
           B. Permohonan maaf a/n : Guide,Driver & asistennya selama pelayanannya
                  Bila ada kekurangan-kekurangannya .
C.   Mengingatkan peserta untuk barang-barang bawaanya .
D.   Greeting (kata-kata penutup atas namai PT…………. mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para peserta untuk dapat membantu pelaksanaan program)     
  • Sebelum meninggalkan bus berikan driver fee-nya dan ucapan terima kasih atas bantuannya.
 
*** SELESAI ***

(picture: by google)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Salam kenal Mas, tank's atas artikelnya...mohon ijin u mengcopy.

    BalasHapus

- Copyright © Kumpulan Diktat Perkuliahan dan Sekolahan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -