- Back to Home »
- Diktat Usaha Jasa Pariwisata »
- Mengatasi Situasi Konflik
Posted by : Khoirul Fajri
Minggu, 09 Oktober 2011
gambar: klipingcatatan.blogspot.com |
G. Mengatasi Situasi Konflik
1. Tujuan Pemelajaran
Setelah mempelajari bab ini, peserta diklat akan mampu merasakan gejala konflik
dan mengatasinya sesuai dengan peraturan dalam perusahaan/nilai-nilai sosial budaya
yang berlaku.
2. Materi Pemelajaran
a) Pengertian Konflik
Konflik adalah perselisihan yang diawali dari suatu kesalah-pahaman yang
terjadi dalam komunikasi, yang dapat mempengaruhi emosi orang-orang yang
terlibat dalam komunikasi tersebut sehingga mengakibatkan ketegangan-
ketegangan yang dapat menimbulkan permasalahan.
Konflik dapat terjadi antar personal maupun antar kelompok (yang seringkali
diawali dengan konflik antar personal), di lingkup pekerjaan, konflik-konflik dapat
terjadi di lingkup:
Antar Personal:
Staf dengan pimpinan (vertikal)
Antar staf (horisontal)
Antar pimpinan unit kerja (horizontal)
Antar Kelompok:
Perusahaan dengan distributor
Perusahaan dengan pelanggan
b) Mengidentifikasi Gejala-Gejala Konflik
Download bahasan selengkapnya "Mengatasi Situasi Konflik" disini